Jumat, 23 Maret 2012

RANCANG BANGUN APLIKASI KENAIKAN PANGKAT PADA DINAS KESEHATAN PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR MENGGUNAKAN BORLAND DELPHI 7.0

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Laju perkembangan teknologi informasi dewasa ini semakin luas. Hal ini sejalan dengan perkembangan komputer yang semakin hari semakin pesat. Teknologi dan informasi merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Perkembangan teknologi yang pesat dalam perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak serta teknologi komunikasi merupakan alternatif bagi suatu perusahaan atau instansi atau organisasi untuk menunjang pengolahan data yang baik. Apabila pengolahan data tidak teratur dan tidak terkoordinasi dengan baik akan mengakibatkan sulitnya mengakses data dan informasi itu secara tepat dan akurat.
Hampir di semua instansi pemerintahan membutuhkan suatu sistem informasi yang baik, agar dalam kegiatannya dapat berjalan dengan efektif dan seefisien mungkin. Keadaan tersebut menyebabkan banyak instansi pemerintahan yang ingin meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi dan agar dapat mengolah data dengan mudah, cepat dan akurat.
Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu instansi yang bertugas membantu Gubernur Nusa Tenggara Timur, dalam merumuskan dan mengimplementasikan Pengembangan Kesehatan Masyarakat dalam skala provinsi sesuai ketentuan dan prosedur yang berlaku. Dinas Kesehatan Provinsi membawahi dinas-dinas di tingkat kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur. Selain itu Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur juga memiliki tugas operasional harian sebagai pengelola data pegawai, dengan demikian perlu adanya ketelitian dan keakuratan dalam mencatat data yang dikelola.
Berdasarkan hasil observasi pada Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur khususnya pada sub bagian umum dan kepegawaian, ditemukan belum memiliki aplikasi pendataan kenaikan pangkat pegawai yang berbasis database, sehingga dalam proses laporan dan pengajuan data keanikan pangkat pegawai membutuhkan waktu yang lama. Informasi yang dihasilkan juga kurang  maksimal, karena dalam pembuatan laporan dengan fasilitas di atas semakin tidak memadai dan tidak memenuhi kualitas informasi yang diharapkan sehingga sering terjadi ketidakakuratan informasi terhadap laporan, oleh karena itu sistem informasi kepegawaian yang menggunakan aplikasi dan database yang cukup memadai dapat membantu menyajikan informasi yang akurat dan tepat waktu juga mengurangi kesalahan dalam pencatatan laporan.
Dari uraian di atas, maka penulis berusaha untuk mencari solusi terbaik bagi Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam memecahkan kasus yang dihadapi agar data yang disajikan lebih efisien dan efektif sehingga dapat mencapai hasil yang optimal dengan menerapkan sistem informasi modern yang melibatkan teknologi terkini dengan Judul: ”RANCANG BANGUN APLIKASI KENAIKAN PANGKAT PADA DINAS KESEHATAN PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR MENGGUNAKAN BORLAND DELPHI 7.0”

1.2    Permasalahan
Adapun permasalahan yang penulis temukan pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah sebagai berikut :
i.    Kesulitan dalam pengolahan data kenaikan pangkat pegawai.
ii.    Kesalahan dalam pengelolahan data identitas pegawai dan data kenaikan pangkat pegawai.
iii.    Kesulitan dalam pembuatan laporan untuk data identitas pegawai dan data kenaikan pangkat pegawai.

1.3    Batasan Masalah
Guna membatasi ruang lingkup permasalahan yang begitu luas, Maka masalah yang akan dibahas dalam laporan PKL ini hanya terbatas pada Rancang Bangun Aplikasi Kenaikan Pangkat Pada Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur Menggunakan Borland Delphi 7.0.

1.4    Tujuan dan Manfaat
Adapun Tujuan dan Manfaat penulisan laporan ini adalah sebagai berikut:
a.    Tujuan
Tujuan penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini antara lain:
i.    Untuk membuat rancang bangun aplikasi kenaikan pangkat pegawai pada Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, agar dapat membantu pegawai pad Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, dalam pengelolaan dan pengelompokkan data  kenaikan pangkat pegawai-pegawai pada ruang lingkup Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur.
ii.    Untuk menghasilkan laporan yang lebih cepat dan akurat.
iii.    Untuk mengimplementasikan aplikasi kenaikan pangkat pegawai pada ruang lingkup Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, maka dirancang dengan tampilan yang user friendly sehingga tidak menyulitkan operator.
iv.    Sebagai salah syarat untuk melanjutkan ke Tugas Akhir (Skripsi).

b.    Manfaat
Dari laporan ini, penulis mendapatkan banyak manfaat, sehingga penulis berharap agar kiranya laporan ini juga dapat bermanfaat dan kegunaan bagi:
i.    Manfaat bagi Pengguna (User)
Hasil akhir dari Laporan ni, yakni dapat menjdai pertimbangan, masukkan dan atau informasi bagi Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, dalam mendukung efektifitas dan efisiensi kinerja kepegawaian.
ii.    Manfaat bagi Akademis
Dalam rangka pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi khususnya yang mengenai rancang bangun software menggunakan Borland Delphi 7.0.
Adapun manfaat akademis ini antara lain:
a)    Untuk Penulis, yakni untuk menambah pengetahuan mengenai kepegawaian pemerintahan, khususnya mekanisme dan proses kenaikan pangkat pegawai pada Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, melalui sebuah rancang bangun aplikasi.
b)    Untuk para pembaca, yakni dapat menjadikan laporan ini sebagai referensi dan menjadi masukkan dalam pengembangan aplikasi ini ke depan yang lebih baik.

like...