Kamis, 07 Maret 2013

Sail Komodo


Pemerintah akan menjadikan Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu destinasi dunia. Salah satunya, dengan menggelar puncak event wisata Sail Komodo 2013. Rencananya akan dilaksanakan 7 atau 15 September 2013 mendatang.
"Bulan September, 7 atau 15 September 2013 akan dilakukan di NTT, tentu mendekati Pulau Komodo, sebuah tempat di Labuhan Bajo," ungkap Menko Kesra,H.R.  Agung Laksono, saat memimpin rapat koordinasi tingkat menteri tentang Sail Komodo 2013 di Kemenko Kesra Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (16/10/2012).
"Pelaksanaan akan dilakukan di NTT, mendekati pulau komodo, di sebuah tempat di Labuan Bajo. Tempat itu kita siapkan menjadi salah satu destinasi wisata dunia," tutur Menko Kesra Agung Laksono.
Persiapan yang kurang lebih selama setahun ini dimaksudkan untuk persiapan sarana dan prasarana. Kalau yang sudah ada dikembangkan lagi. Disana akan dilakukan berbagai kegiatan termasuk bakti sosial.
"Promosi ini diharapkan akan mempercepat pembangunan Nusa Tenggara Timur. Apalagi sekarang bidang pendidikan dan kesehatan  banyak tertinggal.  Melalui momentum ini kita upayakan dipercepat," tuturnya.
Di samping itu acara ini akan memudahkan wisatawan lokal maupun turis  mancanegara berkunjung. "Akan dibangun hotel-hotel  baru, dermaga, perluasan bandara. Di Labuan Bajo sudah ada. Tinggal diperlebar. Untuk anggaran sedang dihitung," tutur Agung.
Menurut dia, pelaksanaan Sail Komodo ini diharapkan mampu menjadi momentum percepatan pembangunan di NTT, seperti pendidikan dan kesehatan.
"Tujuan utamanya adalah percepatan pembangunan NTT karena NTT banyak tertinggal, pendidikan, kesehatan. Momentum ini kita melakukan percepatan," katanya.
Untuk mendukung acara ini hingga pelaksanaan pada September tahun depan, akan dibangun infrastruktur seperti hotel baru, dermaga, bandara.
"Ada hotel-hotel baru, dermaga, bandara, apalagi sudah ada bandara yang sudah bisa dilewati pesawat boeing," jelasnya.
Menurut Agung, pemilihan Pulau Komodo menjadi lokasi Sail Indonesia agar daerah tersebut semakin mendunia. "Daerah tersebut memiliki potensi pariwisata yang sangat bagus, dan kita akan lebih mempromosikannya melalui kegiatan tersebut," katanya.
Kegiatan Sail Indonesia 2013 akan diisi dengan berbagai seminar, bakti sosial, dan lain sebagainya. "Sail Indonesia rencananya akan berlangsung pada bulan September 2013," tambah Agung Laksono.
“Labuan Bajo infrastrukturnya dinilai telah lengkap untuk tempat berlangsungnya acara Sail Komodo 2013,” kata Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono usai rapat koordinasi Sail Komodo 2013..
Agar acara tersebut berlangsung lancar, pemerintah bersama dengan pemerintah daerah Kabupaten Manggarai Barat, terus berkoordinasi untuk menata seluruh infrastruktur yang ada seperti Bandara Komodo dan Pelabuhan Laut Labuan Bajo serta prasarana jalan agar lebih baik dan memadai juga seluruh kelengkapan lainnya yang diperlukan.
Adapun untuk anggaran saat ini masih dalam pembahasan, namun akan dibagi dalam dua hal yaitu anggaran dalam bentuk persiapan dan untuk puncak acara. Berbagai kegiatan yang akan dilakukan diantaranya Bakti Sosial dan Pelayanan Kesehatan.(Dikutip dari Website Menkokesra RI)

like...