Kamis, 07 Maret 2013

Lokakarya Nasional Sistem Pembinaan PMKRI St. Thomas Aquinas 2013 di Kupang


LOKNAS PMKRI
Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Menyelenggarakan Lokakarya Nasional Sistem Pembinaan di Kupang Nusa Tenggara Timur

Ketua PP PMKRI Parlindungan Simarmata memberikan Cinderamata Maket  Sasando kepada Gubernur NTT seusai Pembukaan Lokakarya Nasional PMKRI di Kupang, disaksikan Ketua PMKRI Kupang Bedi Roma dan Ketua Panitia (Latar belakang nampak Wakil Ketua MPR RI Farhan Hamid)
Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia menyelenggarakan Lokakarya Nasional (LOKNAS) di Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT). Loknas Sistem Pembinaan merupakan rekomendasi bidang PPK sekaligus ketetapan Majelis Permusyarawatan Anggota (MPA) di  Pontianak bulan November Tahun 2011. Dan berdasarkan hasil rapat kerja nasional (RAKERNAS) di monokwari, papua barat menyepakati PMKRI cabang kupang sebagai pelaksana kegiatan LOKNAS. Kegiatan LOKNAS mengangkat Tema “Rekonstruksi Silabus Pembinaan Menuju PMKRI Yang Kontributif, Berbasis, dan Konsisten”, PMKRI akan melihat, membedah dan merefleksikan kembali materi-materi pembinaan formal, guna menghasilkan materi-materi pembinaan yang menciptakan kader kaya kristianitas, intelektualitas dan fraternitas.
Wallpaper HP Logo PP PMKRI 
Loknas sistem pembinaan diselenggarakan pada tanggal 25 Februari s/d 02 Maret 2013, akan dibuka oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mewakili pemerintah Bpk. Frans Lebu Raya dan Wakil Ketua MPR RI, Bpk. Farhan Hamid akan memberikan orasi ilmiah kepada peserta. Selanjutnya selesai ceremonial pembukaan kegiatan loknas, PMKRI mengadakan seminar nasional dengan Tema Menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kontributif, berbasis dan konsisten demi terwujudnya bangsa yang berdaulat dan bermartabat”, yang mengahadirkan tokoh-tokoh nasional dan tokoh-tokoh daerah Nusa Tenggara Timur (NTT). Seminar nasional dibagi dalam dua session. Session I ada dua sub bahasan materi yakni strategi kebijakan dan pembangunan sumber daya manusia indonesia dan relevansi sumber daya manusia indonesia dengan kondisi kekinian bangsa dan negara, sedangkan pada session II dua yang juga sub bahasan yakni mewujudkan bangsa yang berdaulat dan bermartabat melalui penguatan sumber daya manusia yang berbasis dan kontributif dan partisipasi kaum muda dalam mewujudkan bangsa yang berdaulat dan bermartabat. pembicaranya antara lain Bpk. Akbar Tanjung, Ibu Dr.Ir. Illah Saila.,Ms (Direktur Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti KEMENDIKBUD RI), Bpk. Fery Francis, Bpk. Antonius Doni,  Bpk. Chirillus I. Kerong, Bpk. Gaudens Wodar, Bpk. Jhony Plate, Bpk. Viktor Lasikodat, Rm. Kristoforus Tara, Parlindungan Simarmata (Ketua PP PMKRI Periode 2011-2013), Mgr. Petrus Turang, Pr (uskup agung kupang) dan Bpk. Deno Kamelus (Wakil Bupati Manggarai).
            kegiatan ini dilaksanakan untuk merekonstruksi materi-materi silabus pembinaan PMKRI dalam hal ini materi pembinaan formal yaitu Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB), Masa Bimbingan (MABIM) dan Latihan Kepemimpinan Kader (LKK) serta terkait pembinaan kader-kader PMKRI kedepannya. loknas diharapkan menghasilkan materi-materi pembinaan yang tetap menjunjung tinggi visi “ Terwujudnya keadilan sosial, kemanusiaan dan persaudaraan sejati, misi” berjuang dengan terlibat dan berpihak dengan kaum tertindas melalui kaderisasi intelektul populis yang dijiwai nilai-nilai kekatolikan demi terwujudnya keadilan sosial, kemanusian dan persaudaraan sejati”. selain itu harapannya melalui loknas sistem pembinaan, dapat membentuk kader-kader berkarakter, berintelektual dan spritualitas yang kedepannya dapat melanjutkan kepemimpinan bangsa, sebagai regenerasi estapet kepemimpinan. Apalagi situasi bangsa saat ini sedang diterpa krisis kepemimpinan nasional yang dapat memimpin secara nasionalis dan berjiwa keadilan sosial, kemanusiaan dan persaudaraan sejati. Jadi demi mewujudkan bangsa yang berdaulat, maka tidak bisa tidak, perubahan harus dilakukan karena “PERUBAHAN TIDAK BISA DITUNDA”.

Teriring Salam Pro Ecclesia Et Patria
Parlindungan Simarmata
KP PP PMKRI Periode 2011-2013


like...