Minggu, 15 September 2013

Kesekretariatan Ala PMKRI


KESEKRETARIATAN PMKRI



v  ASAL KATA
Kesekretariatan berasal dari bahasa Inggris yang secara harafiah diartikan sebagai tempat berkumpulnya orang-orang yang hidup membentuk kelompok, berserikat dan berorganisasi.
v  Kesekretariatan sering diidentikan dengan peran dan tugas seorang sekretaris sedangkan sekretariat diibaratkan sebagai dapur, dimana seluruh aktivitas suatu organisasi dijalankan dan juga dapat berfungsi sebagai terminal informasi.

v  KOMPONEN KESEKRETARIATAN
Hal penting mengenai kesekretariatan yaitu surat menyurat dan pengarsipan.
Surat merupakan salah satu alat komunikasi tertulis yang memberikan informasi dari pihak pengirim kepada pihak penerima. Menurut ruang lingkup administrasi surat adalah alat komunikasi untuk menyampaikan informasi atau warta secara tertulis dari suatu pihak kepada pihak yang lain. Jadi secara umum dapat dikatakan surat adalah sarana komunikasi tertulis untuk menyampaikan informasi dari satu pihak kepada pihak lain.
v  FUNGSI SURAT  
           Sebagai sarana komunikasi, surat juga berfungsi sebagai:
o    Wakil dari pengirim/ penulis.
o    Bahan bukti tertulis, mis surat perjanjian , bukti historis, dsb.
o    Pedoman pengambilan tindakan lanjutan/keputusan.
o    Alat pengingat , misalnya surat yang sudah diarsip.
o    Alat pengukur kegiatan organisasi/instansi.

JENIS-JENIS SURAT
1.    Surat Undangan
2.    Surat Permohonan
3.    Surat Pemberitahuan
4.    Surat Keputusan (SK)
5.    Surat mandate
6.    Surat rekomendasi


v  PENGARSIPAN
Arsip dapat diartikan sebagai pusat ingatan, sumber informasi, sumber sejarah atau bahan bukti sejarah dikemudian hari dan merupakan faktor yang tidak mungkin ditinggalkan dalam menunjang kemajuan dibidang administrasi dan manajemen organisasi.

Fungsi pengarsipan dibedakan menjadi 2 yaitu :
1.      Arsip Dinamis : arsip yang digunakan secara langsung dalam perencanaan, pelaksanaan penyelenggaraan kehidupan berorganisasi pada umumnya.
2.      Arsip Statis : arsip yang digunakan secara tidak langsung untuk menyelenggarakan kehidupan organisasi namun biasanya disimpan dalam bentuk file administrasi.

Hal-hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah :
Ø  Buku surat keluar-masuk ( Buku Agenda )
      Buku ini difungsikan untuk mencatat surat masuk dan surat keluar dalam suatu organisasi.
Ø  Buku tamu
      Buku yang digunakan untuk mencatat/mendata setiap orang yang bertamu pada organisasi.
Ø  Buku inventarisasi
Buku yang digunakan untuk menginventarisir semua nama anggota organisasi maupun alumni serta semua barang-barang yang menjadi kekayaan organisasi.
Ø  Dokumentasi
      Dokumentasi disini adalah semua foto-foto hasil kegiatan dalam organisasi.
      Kelengkapan kesekretariatan lainnya seperti : papan informasi, Mading, papan struktur organisasi, papan tulis, bendera organisasi, cap/stempel organisasi, warless, meja, kursi dll.






v  HAL-HAL YANG DIPERHATIKAN DALAM PERSURATAN :
Ø KERANGKA SURAT

1.    KEPALA SURAT
2.    TANGGAL
3.    NOMER SURAT
4.    LAMPIRAN
5.    HAL
6.    ALAMAT TUJUAN
7.    PENGANTAR
8.    ISI SURAT
9.    SALAM PENUTUP
10.    PENUTUP
11.    TEMBUSAN

Ø  KODE TUJUAN PENULISAN SURAT :
I.          INTERN ORGANISASI
II.       EKSTERN KATOLIK DALAM NEGERI
III.    EKSTERN NON-KATOLIK DALAM NEGERI
IV.    EKSTERN KATOLIK LUAR NEGERI
V.       EKSTERN NON-KATOLIK LUAR NEGERI

Ø  HAL PENULISAN SURAT :
A.  HAL UNDANGAN
B.   HAL PERMOHONAN
C.   PEMBERITAHUAN
D.  LAPORAN
E.   UCAPAN
F.    LAIN-LAIN (mandat, pernyataan sikap dll).
S  E  K  I  A  N
“Pro ecclesia et patria”

like...