Kamis, 10 Mei 2012

Abstraksi Usulan Naik Pangkat Pegawai Dinas Kesehatan Provinsi NTT


ABSTRACT
Medical Officer of East Nusa Tenggara Province is one of the government agencies in the area, directly responsible to the Governor of East Nusa Tenggara. East Nusa Tenggara Provincial Health Office has the task of organizing the basic tasks and functions of provincial government in the health scale, the areas they are still attached to the government in accordance with regulatory requirements - law and regulations.
Based on the Practice of Field Work has been done at East Nusa Tenggara Provincial Health Office, the Sub-Division of Public and Civil Service, the data processing promotion that is running on the system is still manual in the sense of the data is still an archive. At the time of searching employee data, it takes a long time and have not been using a special application software that can assist in the promotion process.
Therefore, the purpose of this Field Internship is to know the system is running, do a design, testing or testing of information systems that will be made, after the implementation of the program making an application made in accordance with existing needs. So that the results obtained could help to overcome existing problems, processing of data to be accurate, fast and timely.
In the design of this application, the authors use a structured method in a system approach, while the system development method used is watterfall. As an aid in the application used is flowmap, Context Diagram, DFD, Data Dictionary, ERD and Normalization.
The software used in this application is Borland Delphi 7.0. While the programming language and a storage medium (database) using a desktop database. Quick Report is used as an output reporting. supported by the operating system windows 7 starter edition.
The results of Field Work Practice what writers do with the system that runs in the data processing of regular promotion is still manual can be used as the basis for drafting a proposal based on the sequence of events there. The conduct of the promotion system of regular testing to ensure quality and knowing the weakness of the limited input error, after error-free software (regular promotion information system) can be implemented in the Sub-Division of General and Provincial Health Officer of East Nusa Tenggara to assist in data processing increases regular rank.

 
ABSTRAKSI

Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur  merupakan salah satu instansi pemerintah yang berada di daerah, bertanggung jawab langsung kepada Gubernur Nusa Tenggara Timur. Dinas Kesehatan Provinsi NTT mempunyai tugas menyelenggarakan tugas pokok dan fungsi pemerintah skala provinsi di bidang kesehatan, wilayah kerjanya masih melekat pada pemerintahan sesuai dengan kebutuhan peraturan perundang – undangan yang berlaku.
Berdasarkan dari hasil Praktek Kerja Lapangan yang telah dilakukan pada Dinas Kesehatan Provinsi NTT, pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, pengolahan data kenaikan pangkat pada system yang sedang berjalan masih bersifat manual dalam arti datanya masih berbentuk arsip. Pada saat pencarian data pegawai, dibutuhkan waktu yang lama dan belum menggunakan software aplikasi khusus yang dapat membantu dalam proses kenaikan pangkat tersebut.
Oleh karena itu tujuan dari Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk mengetahui sistem yang berjalan, melakukan suatu perancangan, pengujian atau testing dari sistem informasi yang akan dibuat, setelah itu implementasi dari pembuatan program aplikasi yang dibuat sesuai dengan kebutuhan yang ada. Sehingga hasil yang didapat bisa membantu mengatasi permasalahan yang ada, pengolahan data menjadi akurat, cepat dan tepat waktu.
Dalam rancang bangun aplikasi  ini, para penulis menggunakan metode terstruktur dalam pendekatan system, sedangkan pengembangan system yang digunakan adalah metode watterfall. Adapun alat bantu dalam aplikasi yang digunakan adalah flowmap, Context Diagram, DFD, Kamus Data, ERD dan Normalisasi.
Perangkat lunak yang digunakan dalam aplikasi ini adalah Borland Delphi 7.0. Sedangkan bahasa pemrograman dan media penyimpanan (database) menggunakan database desktop. Quick Report digunakan sebagai output pelaporan. didukungnya dengan system operasi windows 7 starter edition.
Hasil Praktek Kerja Lapangan yang penulis lakukan dengan adanya system yang berjalan dalam proses pengolahan data kenaikan pangkat reguler masih bersifat manual ini bisa dijadikan landasan usulan untuk perancangan yang berdasarkan urutan kejadian yang ada. Dilakukannya pengujian system kenaikan pangkat reguler untuk menjamin kualitas dan mengetahui kelemahan dari kesalahan input yang dibatasi, setelah bebas dari kesalahan perangkat lunak (system informasi kenaikan pangkat reguler) bisa diimplementasikan di Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kesehatan Provinsi NTT guna membantu dalam proses pengolahan data kenaikan pangkat reguler.

like...