Kamis, 13 Desember 2012

Fungsi Gerakan Mahasiswa



Sejak dahulu hingga saat ini, mahasiswa bergerak bukan hanya tanpa tujuan. Pergerakan yang dilakukan oleh mahasiswa memiliki berbagai tujuan yang dijadikan pemacu mahasiswa untuk selalu bergerak sekaligus sebagai pembentuk idealisme, diantara tujuan dari gerakan mahasiswa itu diantaranya adalah:
Ø Mendorong Terciptanya Pemerintahan Yang Baik dan Bersih (good governance)
Bagaimanapun kondisi pemerintahan yang baik dan bersih adalah kondisi yang sanagat ideal untuk mendukung terciptanya masyarakat madani dan sejahtera. Oleh karena itulah gerakan mahasiswa memiliki tujuan mengawal segala kebijakan terkait pemerintahan agar pemeriintahan yang berjalan tidak semata permainan politik busuk atau hanya politik pencitraan semata.
Ø Mencerdaskan Masyarakat dalam Bidang Politik
Dalam konteks Negara demokrasi bukan merupakan hal yag tabu apabila masyarakat memahami politik secara bersih, oleh karenanya gerkan mahasiswa juga bertujuan mencerdaskan masyarakat dalam bidang politik.
Ø Mengkritisi Kebijakan Pemerintah
Kebijakan yang dibuat oleh pemerintahan sudah sepatutnya dikawal serta dikritisi terkait dampak yang akan terjadi apabila kebijakan itu diberlakukan, penilaian kebijakan pemerintahan itu pula terkait dengan keadilan serta kesejahteraan rakyat.
Pada akhirnya sejarah gerakan mahasiswa sudah selayaknya kita jadikan sebagai bahan refleksi kita semua khususnya yang sekarang menjadi seorang mahasiswa bahwa inilah sebenarnya peran dan tanggung jawab kita sebagai pemuda mahasiswa yang telah ditunjukkan oleh para pendahulu kita yang sudah terlebih dahulu menancapkan tombak perubahannya di negeri ini. Lantas kita yang seharusnya melanjutkan perjuangan mereka, saat ini seperti apakah hari ini kita berbuat???
Sudah menjadi sebuah keharusan bagi kita sebagai mahasiswa, untuk kemudian tidak hanya diam dan hanya menjadi penonton semata setiap perubahan, ataupun kebijakan yang ada. Menjadi tanggung jawab besar yang telah ada pada pundak kita untuk kemudian tidak hanya sikap apatis, anti politik atau hanya study oriented saja !!!!
Maka Teruskan perjalanan ini dengan tenaga dan kakimu sendiri. Dada bumi cukup luas untuk menerima kehadiranmu. Penuhilah segenap udara ini dengan kegiatan dan ketekunan, sungguh dan penuh. Hadapilah tugas mahaberat ini dengan jiwa besar, dengan dayajuang api semangat yang nyalanya kuat dan keras. Pupuklah semangat revolusioner, radikal dan progressif dalam jiwamu, dan bertindaklah dengan perhitungan yang nyata dan pertimbangan yang matang.

like...